Pages

Wednesday, October 22, 2014

PEMUDA DAN SOSIALISASI

1. Internalisasi belajar dan spesialisasi

- Pemuda : merupakan individu yang sedang berkembang secara fisik maupun emosional. Ditangan para pemuda itulah suatu bangsa ataupun Negara menaruhkan nasib masa depan. Pemuda juga merupakan individu dimana emosi, logika dan perasaan masih dalam tahap labil. Jika seseorang masih menyandang gelar sebagai pemuda kemungkinan besar ia masih merasakan sifat atau pemikiran yang sering berubah-ubah dan memasuki tahap dimana ia sedang mencari jati diri.

- Sosialisasi : merupakan suatu proses dimana individu mulai belajar untuk mengenal norma-norma dan nilai-nilai sosial agar dapat berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakat. Sosialisasi juga dapat disebut sebagai interaksi antara individu dengan lingkungan sekitar.

- Internalisasi belajar: Internalisasi adalah perubahan dalam masyarakat. Sedangkan Sosialisasi adalah suatu peroses yang mempelajari tentang norma – norma masyarakat yang akan membentuk keperibadiannnya dilingkungan masyarakat. Jadi jika tidak adanya Internalisasi dan Sosialisasi didalam lingkungan masyarakat. Maka tidak akan ada perubahan dilingkungan itu.

- Proses sosialisasi terbagi menjadi 4 yaitu
1. Tahapan Persiapan > Tahapan ini ilakukan sejak manusia dilahirkan, pada saat anak – anak mulai mempersiapkan dirinya untuk mengenal dunia sosialisasi dari lingkungan rumah, media dan tempat – tempat yag disinggahinya dengan cara meniru walaupun tidak sempurna.
2. Tahapan Meniru > Di mana seorang anak yang mulai sempurna untuk meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Dia mulai mengetahui namanya, nama orang tuanya, dan apa yang dilakukan oleh orang tuanya.
3. Tahapan Siap Bertindak > Tahapan ini memulai seorang anak yang hanya meniru menjadi seorang diri yang dia inginkan, menyadari adanya suatu norma yang ada dirumah maupun dilingkungannya, dan mulai mendapatkan kompleks yang harus dihadapinya didalam bersosialisasi.
4. Tahapan Norma Kolektif  > Tahapan ini sudah dianggap dewasa karna didalam dirinya sudah tau sepenuhnya apa itu arti norma dalam kehidupanyang sebenarnya, memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap orang yang iia kenal maupun orang yang iia tidak kenal dalam arti Masyarakat Luas.

- Peranan sosial mahasiswa dan pemuda
Peranan Sosial Mahasiswa bisa dikatakan pemuda yang aktif dan berintelektual yang akan berperan sebagai generasi yang diharapkan akan meneruskan generasi sebelumnya, yang akan membangun negaranya menjadi lebih baik (maju). Sedangkan Pemuda adalah sesorang Individu atau kelompok yang berperan aktif didalam masyarakat dan bisa dikatakan Mahasiswa atau tidak, karena belum semua pemuda yang berintelektual mampu secara ekonomi untuk menjenjang pendidikan yang lebih tinggi, karna biaya pendidikan yang semakin mahal.  Bisa dikatakan Pemuda memiliki Sosialisasi yang tinggi yang dapat berperan penting dilingkungan masyarakat kuhususnya bersosialisai untuk menjadi penengah didalam lingkungan sekitar maupun secara luas.

2. Pemuda dan Identitass

- Pengembangan generasi muda
Pengembangan generasi muda adalah semua pihak yang bersangkutan harus ikut serta dalam kepentingan generasi muda, agar satu laras mencapai tujuan yang kita semua inginkan.
- Masalah-masalah generasi muda
Banyak sekali masalah-masalah yang dialami oleh generasi muda saat ini terutama dengan adanya era globalisasi dimana semua yang diinginkan dapat didapat dengan mudah. Berikut ini merupakan permasalah generasi muda yang sedang terjadi belakangan ini: 
a.  Pergaulan bebas 
b. Menurunnya jiwa idealisme, nasionalisme dan patriotisme dikalangan pemuda
 c. Kecendrungan untuk menikah muda namun belum siap menerima konsekuensi yang ada 
d. Adanya peningkatan kenakalan remaja yang terkadang berujung ke arah kriminalisasi seperti mabuk-mabukan, memakai obat-obatan, narkoba, ganja dan sebagainya 
e. Belum adanya undang-undang yang menjamin masa depan generasi muda 
f. Belum ada fasilitas-fasilitas pendidikan yang dapat menunjang para generasi muda yang tidak sanggup untuk meneruskan pendidikan dikarenakan adanya keterbatasan ekonomi sehingga membuat banyak generasi muda yang putus sekolah

- Potensi generasi muda


Generasi muda atau para pemuda memiliki begitu banyak potensi yang dapat mereka kembangkan dari dalam diri mereka sendiri dikarenakan jiwa muda mereka yang masih bergejolak dan masih memiliki kemampuan yang bisa melebihi orang dewasa. Berikut ini merupakan potensi-potensi yang dimiliki oleh generasi muda:
a.  Idealisme dan daya pikir yang kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga mereka dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari ide baru. merka juga cenderung  memiliki rasa ingin tau yang luar biasa akan sesuatu sehingga wawasan mereka lebih bisa menerima sesuatu yang baru di bandingkan orang tua yang  memiliki cara pikir yang kolot

b. Dinamika dan kreativitas
Adanya idealisme pada generasi muda, yang menyebabkan mereka memiliki  kreativitas dan keberanian yang lebih untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru.

c. Keberanian mengambil resiko
generasi muda  memiliki keberanian untuk mengambil keputusan keputusan beresiko  yang menyangkut dengan dirinya  dengan segala pengetahuan yang mereka miliki.

d. Optimis
Kegagalan adalah sukses yang tertunda mungkin itulah yang dapat menjadi pegangan para generasi muda  dalam melewati segala tantangan. selain faktor umur yang cenderung masih panjang  dan faktor kepercayaan diri yang tinggi membuat mereka  memiliki semangat yang juga sangat besar dalam  melakukan suatu hal.

e. Sikap kemandirian dan disiplin
Generasi muda memiliki  keinginan untuk dapat hidup mandiri dan tidak merepotkan orang tuanya lagi . hal ini membuat mereka lebih cepat untuk dapat mandiri.  mereka juga masih memiliki rasa kedisiplinan yang  murni yang terbentuk dengan alami pada merela tanpa ada aturan aturan dari orang lain.

f. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
Karena memiliki rasa ingin tau yang dan kreativitas yang tinggi , generasi muda lebih mudah mencerna ilmu ilmu yang baru  dan menerapkanya , terutama dalam segi teknologi karena mereka hidup di  zaman yang dipenuhi teknologi sehingga sarana pembelajaran mereka pun lebih banyak dan luas.

3. Perguruan dan Pendidikan

- Mengembangkan potensi generasi muda
Potensi Generasi Muda dapat dikembangkan melalui bidangnya masing – masing agar tercapai suatu keinginan yang selaras antara Generasi sebelumnya dan Generasi Baru yang akan mencapai suatu negara yang maju dan sejahtera. Juga adanya dukungan fasilitas yang akan membantu generasi muda dalam mengembangkan potensinya.

- Pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
Pendidikan adalah usaha sadar  dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing – masing agar bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi disebut Mahasiswa sedangkan tenaga pendidikan perguruan tinggi disebut dosen. disinilah seseorang dapat mengembangkan lebih dalam lagi ilmu – ilmu yang telah didapat dari pendidikan sebelumnya (SD,SMP,SMA), yang akan berpeluang besar menggantikan generasi sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.

- Permasalahan yang pernah dialami dan bagaimana pemecahannya
Permasalahan yang pernah dialami adalah adanya ketidak pastian terhadap masa depan. Terkadangan suka bigung dalam menentukan jalan yang akan diambil untuk menentukan masa depan dan lebih sering bertanya kepada kedua orang tua tentang bagaimana dan jalan apa yang harus saya ambil agar dapat mencapai masa depan yang diinginkan. Namun seharusnya saya lebih mengetahui potensi apa yang saya punya dan bagaimana cara mengembangkannya bukan bertanya kepada kedua orang tua yang malah hanya menyarankan untuk memilih jalan yang mereka inginkan bukan melihat kepada potensi anaknya. Contohnya pada saat pemilihan jurusan ketika ingin masuk kuliah, seharusnya saya memilih jurusan yang dapat mengembangkan potensi dan sesuai dengan minat bukan apa yang dianjurkan oleh orang tua. Dan menurut saya itu adalaha pemecahan terbaik yang bisa dilakukan. Dan sebagai salah satu generasi muda saya dan para pemuda lain seharusnya mempergunakan waktu muda dengan sebaik-baiknya karena masa muda merupakan salah satu masa yang tidak akan pernah bisa terlupakan dan merupakan masa-masa dimana akan diingat kembali ketika tua. Maka pergunakanlah masa muda dengan baik agar tidak menyesal dikemudian hari


You Only Live Once "Kau hanya hidup sekali" jadi pergunakanlah wakatu sebaik-baiknya.


Sumber:

No comments:

Post a Comment