Pages

Tuesday, December 2, 2014

Fungsi Numerik Pada Qbasic

Postingan kali ini dibuat untuk memenuhi tugas individu Kuliah Algoritma Pemrograman Qbasic seperti yang dapat dilihat pada ketiga postingan sebelumnya. Kali ini saya akan kembali memposting tugas yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi siapapun yang pernah mengunjungi dan singgah pada blog saya yang sederhana ini. 

Seperti yang dapat dilihat pada judul postingan, saya akan membahas mengenai Fungsi Numerik pada Qbasic. Tapi sebelumnya saya akan memberitahu sedikit mengenai apa itu Qbasic. Qbasic merupakan suatu bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa basic. Qbasic merupakan singkatan dari Quick Basic yang merupakan produk atau keluaran dari Microsoft yang bertujuan atau berguna untuk pembelajaran dasar pemrograman. Pada Qbasic kita dapat membuat program manipulasi data. Dimana manipulasi data itu sendiri adalah proses pengolahan data menjadi informasi yang lebih berguna. Dalam program manipulasi data terdapat beberapa fungsi antara lain fungsi string dan fungsi numerik atau aritmatika. Kali ini saya akan membahas tentang fungsi numerik pada program manipulasi data yang terdapat pada Qbasic.

Terdapat beberapa fungsi pada fungsi numerik dalam program manipulasi data yaitu diantaranya adalah:

1. RND
Berfungsi untuk memberikan nilai acak.Setiap kali fungsi ini dilaksan akan harga yang diberikan akan berada diantara 0 (nol) dan 1 (satu).
Contoh:


Outputnya 


2. INT
Berfungsi atau dapat digunakan untuk membulatkan suatu pecahan kebilangan bulat terkecil.
Contohnya dapat dilihat pada program berikut


Outputnya



Pada contoh program diatas
PRINT INT (-4.5)
PRINT INT (2.9)
PRINT INT (-1.3)
PRINT INT (5.9)
Akan menghasilkan output berupa pembulatan kebilangan terkecil dari bilangan yang telah tercantum pada kodingan, menjadi
-5
2
-2
5

3. SQR
Berfungsi untuk mengambil harga akar kuadrat dari suatu bilangan
Contoh:

Outputnya



Pada fungsi numerik SQR output yang dihasilkan merupakan bilangan dari yang telah dikuadratkan yang tercantum pada kodingan. Contohnya pada bilangan 36 yang terdapat pada program merupakan pengkuadratan dari bilangan 6 maka output yang keluar adalah angka 6 tersebut dimana bilangan itu jika dikuadratkan menjadi 36.

4. SIN
Berfungsi untuk mencari harga sinus suatu sudut yang dinyatakan dalam radian.
Contoh:

Outputnya



Pada fungsi numerik SIN untuk hasil dari program SIN 30 jika ditampilkan pada Qbasic adalah -.9880316 sedangkan untuk hasil SIN 90 adalah .8939967.

5. COS
Berfungsi untuk mencari harga cosinus suatu sudut yang dinyatakan dalam radian.
Contoh:

Outputnya



Tidak berbeda jauh dengan fungsi numerik SIN, pada fungsi numerik COS hasil dari COS 30 yang muncul pada output adalah .1542515 sedangkan COS 90 hasilnya adalah -.4480736.

6. MOD
Disebut juga fungsi modulo, berfungsi untuk menghitung sisa pembagian dari dua buah operand. 
Contoh:


Outputnya


Pada fungsi numerik MOD, output yang akan dihasilkan adalah seperti yang nampak pada gambar diatas. Kita harus mengetikan nilai 1 dan nilai 2 dengan angka yang ingin dibagi.Contohnya dapat dilihat pada gambar.Angka yang dimasukkan adalah10 dan 3. Jika dihitung secara manual 10 dibagi 3 memang akan menyisakan angka 1 pada akhir pembagian. Maka ketika telah mengetikan angka yang akan dijadikan nilai 1 dan nilai 2 lalu menekan enter akan muncul“ SISA PEMBAGIAN DARI 10 DIBAGI 3 = 1”. Atau juga dapat dilihat pada hasil output dengan angka berbeda seperti berikut:


Pada output yang terlihat pada gambar diatas angka yang dimasukkan sebagai nilai 1 dan nilai 2 adalah 8 dan 2. Maka hasil dari 8 dibagi 2 jika dihitung secara manual memang tidak akan ada sisa. Jadi ketika menekan tombol enter akan muncul “SISA PEMBAGIAN DARI 8 DIBAGI 2 = 0”

7. CINT
Berfungsi untuk membulatkan suatu pecahan kebilangan bulat terbesar.
Contoh:



Pada gambar program diata sbilangan atau angka yang dimasukkan adalah (2.1) (2.6) dan (3.8) karena perintah atau fungsi yang digunakan adalah PRINT CINT maka output yang akan muncul merupakan pembulatan dari bilangan tersebut. Contohnya dapat dilihat pada output berikut


8. LOG
Berfungsi untuk menghitung nilai logaritma dari suatu bilangan.
Contoh:


Pada Qbasic kita dapat membuat program untuk mencarinilai log atau logaritma dari suatu bilangan. Contohnya dapat dilihat pada gambar diatas.Nilai atau bilangan yang dimasukkan adalah 10, 100 dan 1000. Kita ingin mencari nilai dari ketiga bilangan tersebut, maka saat merunning output yang akan muncul merupakan nilai logartima dari ketiga bilangan tersebut. Contohnya seperti berikut:


 Sekian postingan dari saya mengenai review materi fungsi numerik pada Qbasic. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca.

No comments:

Post a Comment