Pages

Sunday, May 19, 2013

A book of memories

The book

Pernah gak sih lo secara tiba-tiba inget tentang kejadian-kejadian yang udah lama banget lo lupain? Kejadian ataupun kenangan yang udah dengan susah payah lo lupain tapi tiba-tiba menyeruak kembali dan meminta untuk di ingat dan dikenang?

"...kalimat-kalimat dalam buku itu seakan menampar dan membawaku ke masa dulu. Saat kamu dan aku satu. Saat semua yang telah sulit aku lupakan itu kembali menyatu. Saat itulah aku tahu, kamu... tak akan pernah bisa untuk dilupakan..."

Gue dengan tanpa sengaja menemukan sebuah buku diantara tumpukan-tumpukan buku yang udah lama engga ditengok. Awalnya karena sedang mencari sesuatu. Tapi saat melihat kembali buku yang sudah terlihat usang itu, gue mendadak kembali kemasa-masa dimana nulis "Diary" adalah salah satu rutinitas gue dikala malam. Menceritakan kembali kejadian-kejadian yang udah gue lalui dikala pagi menuju petang. Buku diary itu masih terlihat sama seperti dulu, dengan cover berwarna merah jambu serta gambar-gambar yang lucu. Akhirnya gue memutuskan untuk mengambil buku itu, menyelinapkannya kedalam kamar dan mulai gue buka lembar demi lembar. Yang terus menguak cerita demi cerita dimasa lalu

The story

Waktu gue buka lembar pertama, jujur, gue sempet ngakak. Gila tulisan gue jaman dulu ancur banget, alay tingkat max banget lagi. Itu adalah kalimat yang terpikirkan diotak gue saat itu. Tapi bukan dari font, size, atau gaya menulis dari sebuah tulisan yang menciptakan suatu cerita lebih bermakna dan gampang untuk diresapi. Melainkan cerita itu sendiri yang terungkap dalam tulisan, tidak peduli bentuk, ukuran, maupun gaya tulisannya.

"... ketika aku mulai membaca satu demi satu, lembar demi lembar, kata demi kata yang terungkap didalam buku itu. Semakin aku tau, kamu, dulu, adalah seseorang yang sangat berarti untuk ku..."

Aseeeek, gilak banget gak tuh apa yang gue tulis diatas. Agak jijay gimana gitu si gue. Dulu itu sebenernya cuma bisa dibilang cinta monyet biasa. Tapi kenapa malah ditanggepin dalem banget kayak gini. Cerita-cerita yang ada di buku diary itu emang cuma sekedar cerita lama yang seharusnya dianggep kocak, seorang anak smp yang sedang menjajaki masa remaja. Merasakan manis pahitnya cinta. Gue engga ada maksud apa-apa dalam postinga ini, cuma pengen memperluas bahasa dan membuat semuanya lebih bermakna.


The memories

Banyak banget kenangan-kenangan yang udah hampir terlupakan sama gue. Kalo bukan karena buku merah jambu itu, gue engga akan punya sesuatu yang bisa gue baca dan gue kenang saat gue nanti. Engga akan ada hal-hal bodoh yang bisa gue inget saat tua nanti kalo engga baca buku merah jambu itu. Ada sepenggal cerita yang saat gue baca bener-bener berasa ditampar berkali-kali, dan seperti abis dimuntahin dari mulut ikan paus kedasar laut yang dalam.

"... aku memberikannya sepenggal kalimat melalui sms. 
'Loe sendiri yang milih kehidupan kayak gini, cuma bisa bilang loe ya loe, gue ya gue. Kehidupan masih panjang jika diberi waktu jangan pernah memandang kebelakang. Masa lalu kini hanya tinggal kenangan. Just be happy in your life oke' 
kira-kira itu isinya. Hingga ke esokan harinya saat kita bertemu, kamu mencoba memanggilku tapi aku menutup kuping dan terus berjalan tanpa menghiraukanmu. Saat pulang, kamu kembali menemuiku didepan pintu kelas tapi yang kulakukan hanya diam tanpa memandang ataupun mendengar ucapan mu..."

Sedih banget gils!!! Kenapa doi bisa ngasih begitu banyak kenangan yang susah banget buat gue lupain?! Saat sekarang gue kembali mengingat itu semua, saat lo dan gue gak akan pernah bisa lagi ketemu kecuali ada campur tangan dari takdir. Gue akan selalu sadar, kalo lo itu sebenernya masih berada ditempat paling terdalam dari sebuah perasaan yang pernah gue milikin.

#HIM

Usia kita tidak terpaut jauh, bahkan bulan lahir doi sama gue cuma beda beberapa bulan. Dia itu 'baru'. Mendadak masuk saat gue udah mulai jenuh sama pemandangan yang itu-itu aja penghuninya. Otomatis dia memberikan sesuatu yang baru. Banyak yang menyebutnya mirip salah seorang anak disekolah yang selalu disangkalnya dan merasa jengkel setiap kali ada yang menyebutnya seperti itu. Gue masih inget saat dulu kita sering main semprot-semprotan akua gelas sampe baju seragam gue basah dan temen-temen gue harus merasa jengkel setiap kali minta mereka temenin ke kantin untuk beli minuman baru yang pada akhirnya gue cuma pengen neglewatin depan kelas lo dan kembali nyemprotin lo pake akua gelas itu. Gue masih inget saat dilapangan komplek itu. Gue ngeliat lo lagi jalan kearah gue, sampe-sampe lo metik jari lo tepat didepan muka gue saat jarak antara elo dan gue hanya tinggal sejengkal. Gue masih inget saat lagi membuka laptop seorang teman dan mendadak lo ikutan pengen liat dan bersandar dibahu kiri gue, atau kanan? Entahlah gue lupa. Gue masih inget semuanya, setiap detail, tapi elo? Bahkan untuk mengingat nama gue aja udah engga. Jangan salahin gue kalau disuatu masa nanti kita kembali bertemu gue akan pura-pura lupa dan gak mengenal lo sama sekali.

No comments:

Post a Comment