LOGO
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili
suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga,
dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai
pengganti dari nama sebenarnya.
Logo
harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep
dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih
lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan
bentuk logo tersebut.
DESAIN LOGO
Desain Logo merupakan area yang penting dari
desain grafis , dan salah satu yang paling sulit untuk menyempurnakan. Logo
(ideogram), adalah gambar mewujudkan sebuah organisasi. Karena logo dimaksudkan
untuk mewakili merek perusahaan atau identitas perusahaan dan mendorong
pengakuan pelanggan langsung mereka, itu adalah kontraproduktif untuk sering
mendesain ulang logo.
Warna
dianggap penting untuk pengenalan merek, tetapi tidak harus menjadi komponen
integral dari desain logo, yang dapat bertentangan dengan fungsinya.Beberapa
warna terbentuk / terkait dengan emosi tertentu yang desainer ingin
menyampaikan. Misalnya warna primer keras, seperti merah, dimaksudkan untuk
menarik perhatian driver di jalan raya yang sesuai untuk perusahaan yang
membutuhkan perhatian tersebut. Di Amerika Serikat merah, putih, dan biru sering
digunakan dalam logo untuk perusahaan yang ingin memproyeksikan perasaan
patriotik. Hijau sering dikaitkan dengan sektor kesehatan dan kebersihan, dan
biru muda atau perak sering digunakan untuk mencerminkan makanan diet. Untuk
merek lain, nada lebih tenang dan saturasi yang lebih rendah dapat
berkomunikasi kehandalan, kualitas, relaksasi, atau ciri-ciri lainnya.
Profesi
desain logo telah meningkat secara substansial dalam jumlah selama
bertahun-tahun sejak munculnya gerakan modernis di Amerika Serikat pada tahun
1950-an.
FUNGSI, TUJUAN dan LOGO
Fungsi Membuat Logo
Fungsi
logo adalah sebagai alat pengidentifikasian yang dapat mewakili nilai-nilai
yang telah dibentuk oleh suatu perusahaan/toko.
Tujuan Membuat Logo
Tujuan
membuat logo adalah sebagai tanda visual pembeda antara toko yang satu dengan
toko lainnya.
Manfaat Membuat Logo
Sebagai
alat pemasaran yang mencerminkan kualitas.
FILOSOFI LOGO
(gambar
logonya)
1. Gambar Sepatu :
untuk melambangkan bahwa logo yang dibuat merupakan logo yang digunakan sebagai
lambang toko.
2. Background Pink :
untuk memperlihatkan ke feminiman toko sepatu dimana logo tersebut dibuat untuk
penjualan sepatu-sepatu khusus wanita seperti high heels, wedges, flat shoes
dsb.
3. KIS :
merupakan nama toko yang terdapat pada logo dimana maksud dari KIS adalah
Kusuma Irani Shoes diambil dari nama yang merancang logo tersebut Dian
Kusumawati dan Silvy Irani sedangkan untuk Shoesnya karena logonya untuk toko
sepatu maka dari itu ditambahkan Shoes.
KESIMPULAN
•
Karena logo memiliki fungsi sebagai alat
pengidentifikasian dan tujuan dibuatnya logo sebagai tanda visual pembeda maka
logo yang baik haruslah dibuat se-unik mungkin.
•
Selain unik ciri-ciri logo yang baik adalah
logo harus simpel dan fleksibel.
Sumber
:
https://id.wikipedia.org/wiki/Logo
(dilihat pada jum’at, 28 April 2017 pukul 16:00)
http://blog.unm.ac.id/diancahyadi/layanan-mk-2/dkv-i/sejarah-logo/ (dilihat pada jum’at, 28 April 2017
pukul 16:35)
http://detakstudio.blogspot.co.id/2015/11/fungsi-tujuan-dan-manfaat-logo.html (dilihat pada jum’at, 28 April 2017
pukul 20:00)
No comments:
Post a Comment